BOYS LIFESTYLE

Jenis-Jenis Offroad

Sabtu, 23 Agustus 2014 02:34

Jenis-Jenis Offroad
© merdeka.com




Kapanlagi.com - Sudah tahu offroad kan? Olahraga mobil ini termasuk dalam salah satu olahraga yang ekstrem. Ada beberapa jenis offroad yang perlu kamu ketahui. Ini dibagi sesuai dengan jenis lahan.

1. Dune Bashing
Ini berarti menabrakkan diri ke bukit pasir. DUne bashing ini nama lainnya adalah safari gurun. Kendaraan yang digunakan harus yang mampu berjalan dengan lancar di perbukitan pasir.

Dune bashing ini digemari oleh mereka yang tinggal di negara dengan medan gurun pasir seperti negara-negara Timur Tengah. Dalam melakukan dune bashing ini mbil offroad dilengkapi dengan mesin dan juga roda yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan medan.

2. Cross Country
Cross country ini memberikan pengalaman yang lebih menantang dibandingkan dengan offroad yang lain. Ini merupakan safari yang dilakukan selama beberapa hari melalui rute perjalanan yang penuh dengan panorama Indah.

Rute perjalanannya bisa berupa gurun maupun lahan yang lain. Offroad jenis ini memerlukan kemampuan navigasi yang tinggi. Kendaraan untuk offroad ini juga harus dimodifikasi besar-besaran. Cross country ini banyak dilakukan di sepanjang gurun Sahara, Afrika.

3. Raid
Offroad jenis ini dilakukan di tempat kosong yang tidak berpenghuni. Di dunia ini disinyalir tempat bermain offroad terbaik untuk jenis ini adalah di gurun pasir di Tunisia, Maroko dan negara-negara Afrika bagian utara.

Kendaraan untuk offroad jenis ini sudah dimodofikasi untuk bisa menampung banyak bahan bakar juag dilengkapi dengan rak menyimpan barang pada atap mobil.

4. Greenlaning
Ini termasuk olahraga yang tidak terlalu ekstrim. Rute perjalanan greenlaning ini mencakup trek hutan, desa dan jalan-jalan tua yang hampir rusak. Penggemar greenlaning ini sangat menyukai olahraga ini karena mereka bisa mengakses area yang jarang dilewati oleh kendaraan bermotor.

5. Mudding
Mud ini berarti lumpur. Nama mudding diambil sesuai dengan rute perjalanan offroad yang berlumpur. Rute yang dipilih untuk offroad yang satu ini adalah area luas yang berlumpur basah.

Dalam permainan ini adalah bagaimana mobil bisa melaju sejauh mungkin tanpa terjebak dalam lumpur. Mobil yang digunakan harus dimodifikasi secara khusus terutama bagian rodanya.

Oleh: Riyani I (kpl/rth)



READ MORE