BOYS PUBERTAS

5 Langkah Mencegah Bullying

Senin, 6 Oktober 2014 14:39

5 Langkah Mencegah Bullying
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Dewasa ini, kasus bullying semakin menjadi-jadi. Bahkan bullying terjadi tidak hanya pada ranah remaja saja, bahkan sampai memasuki ranah anak-anak. Pada beberapa kasus, bullying sudah berubah menjadi tindakan kriminal berat yang memakan korban jiwa.

Lalu bagaimana cara untuk mencegahnya? Berikut ada 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya bullying, dilangsir dari laman wikihow.com:

1. Jangan melakukan tindakan yang menarik perhatian
Kadang memang perlu untuk kamu menjadi seseorang yang humble atau sederhana. Gak usah deh melakukan hal-hal yang mencolok perhatian. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kamu menjadi dibully.

2. Jangan melawan
Ketika mereka yang selalu melakukan bullying sudah melirik kamu sebagai korban bullying, jangan langsung terpancing untuk melawan. Cobalah bersikap tenang dan sabar untukmenghadapi persoalan tersebut.

3. Jangan mendekati mereka yang suka melakukan bullying
Jangan bermain api kalau mau gak mau terbakar. Mungkin kata-kata tersebut pas banget buat mewakili kondisi ini. Kamu gak perlu deh mendekati mereka yang suka bullying, karena bisa-bisa kamu yang jadi sasarannya.

4. Bersikap ramah
Walaupun mungkin mereka memang akan bersikap tidak ramah sama kamu, kamu jangan sampai terpancing untuk tidak berbuat ramah juga. Kamu harus mampu menahan diri kamu. Coba deh untuk bersikap ramah pada siapa saja termasuk pada mereka yang suka membully ini. Siapa tau dengan kamu bersikap ramah, mereka akan berubah.

5. Jangan takut dengan bullying
Bukannya menyuruh kamu utnuk melawan mereka yang suka membully, tapi rasa khawatir kamu yang berlebih akan menyebabkan kamu menjadi bahan bullying. Biasanya mereka yang penakut, akan menjadi tidak percaya diri. Dan hal ini akan membuat kamu menjadi sasaran empuk mereka yang suka melakukan bullying.

Oleh: Ratna K.D

(kpl/rth)



READ MORE