BOYS PUBERTAS

Tawuran di Jakarta, Kondisi Remaja Yang Rentan Kekerasan

Kamis, 23 Oktober 2014 22:01

Tawuran di Jakarta, Kondisi Remaja Yang Rentan Kekerasan
© merdeka.com




Kapanlagi.com - Apa sih yang diharapkan dengan tawuran, Bro? Gengsi? Atau pingin dianggap yang paling superior? Ironisnya tawuran  remaja di jaman sekarang semakin anarkis, pake emosi yang meluap-luap dan dendam yang membara. Korban berjatuhan pun semakin banyak. Penyebabnya pun mungkin hanya dari masalah yang sepele, Bro. Namun namanya remaja, keadaan mereka yang masih labil juga dapat membuat mereka tidak paham bagaimana harus bersikap.

Berdasarkan langsiran dari laman rrijakarta.com, Kasandra seorang Psikolog menyatakan ada perbedaan dasar psikologis antara remaja jaman sekarang dengan remaja jaman dulu. Kalau dulu di era tahun 80-an, keributan memang sering terjadi. Namun tawuran yang dilakukan sekarang ini oleh para pelajar lebih emosional. Bisa jadi tekanan ekonomi membuat hidup makin susah sehingga menghasilkan keluarga yang emosional. Ketika anak dari suasana keluarga yang tidak menyenangkan ini keluar rumah, dengan luka trauma emosional gampang tersulut.  

Masa remaja adalah masa yang sangat memerlukan pengarahan dari kedua orang tuanya. Namun apabila keadaan rumah sudah tidak kondusif, maka proses pembelajaran remaja pun menjadi tak efektif. Tak jarang memang pelaku kenakalan remaja berasal dari mereka yang orang tuanya bermasalah.

Selain itu tawuran jaman sekarang semakin mengerikan. Mereka membawa senjata tajam dan selalu mengakibatkan korban jiwa. Jika ditelaah lagi bukankah itu sia-sia, Bro? Jangan sampai masa depan hancur hanya karena kalian salah langkah.

Oleh: Yoga Mahendra

(kpl/rth)



READ MORE