BOYS PUBERTAS

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Langka EMS

Rabu, 8 Oktober 2014 21:29

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Penyakit Langka EMS
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - EMS merupakan kepanjangan dari Eosinophilia Myalgia Syndrome adalah sebuah penyakit yang pertama kali diketahui di Amerika Serikat pada tahun 1989. EMS ini terjadi karena konsumsi asam amino, L-Tryptophan, dan beberapa suplemen makanan yang terkenal pada tahun tersebut.

EMS disebut-sebut dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh. Karena sampai sekarang masih belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Gejala EMS sendiri hampir mirip dengan gejala flu seperti sakit di bagian kepala, dan masalah pada pernapasan.

EMS ini merupakan salah satu penyakit langka. Jadi penderita EMS ini masih sangat jarang. Penderita EMS biasanya akan mengalami gejala pembengkakan pada tangan dan juga kaki, bahkan terkadang hingga mengalami pembengkakkan pada wajah.

Gejala lain adalah perubahan pada kulit. Penderita EMS akan mendapati kulitnya berubah menjadi agak kasar. Rambut pun akan rontok secara perlahan. Gejala seperti gejala flu yang sudah disebutkan diatas juga akan terjadi ketika seseorang mengidap EMS ini.

Sampai saat ini, EMS masih dibilang belum ada obatnya. Penderita EMS hanyadiberi obat untuk meredakan gejala-gejala yang ditimbulkan. Misalnya ketika penderita EMS mengalami sakit kepala, maka pihak dokter akan memberikan obat sakit kepala, namun bukan obat khusus bagi penderita EMS.

EMS sering pula disebut sebagai penyakit berbahaya. Karena laman rarediseases.about.com menjelaskan bahwa hanya ada 10 persen dari 333 pasien penderita EMS ini yang berhasil disembuhkan. Itu pun juga harus memerlukan 4 tahun lamanya. Makanya, EMS sering disebut sebagai penyakit berbahaya.

Oleh: Ratna K.D
Sumber: http://rarediseases.about.com/cs/efandems/a/060202.htm

(kpl/rth)



READ MORE