BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Dasa Dharma Pramuka, Apa Ya Itu?

Sabtu, 5 Maret 2016 21:08

Dasa Dharma Pramuka, Apa Ya Itu?
mursydriva.wordpress.com




Kapanlagi.com - Guys, salah satu hal yang bakal diinget dengan baik sama anggota Pramuka itu adalah Dasa Dharma yang berisi 10 janji anggota Pramuka yang menurut lansiran laman pramukanet.org adalah nilai yang harus dihayati dan diamalkan oleh semua anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan jadi kode etik dalam bertingkah laku dalam masyarakat supaya jadi contoh yang baik.

Dasa Dharma ini diucapkan oleh semua anggota Pramuka kecuali tingkat Siaga sewaktu mereka mau naik tingkat, Guys, jadi Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega pastinya bakal baca 10 janji ini, dijamin hafal deh kalo begini caranya.

Apa aja sih isinya Dasa Dharma itu? Kalo pengen tahu lebih jelasnya simak aja ulasan di bawah ini dilansir oleh laman pusikoe.blog.com dan pramukaria.blogspot.com. Cekidot!

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
5. Rela menolong dan tabah.
6. Rajin, terampil, dan gembira.
7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
8. Disiplin, berani, dan setia.
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
Dasa Dharma ini harus bener-bener dipahami dan dilakukan oleh semua anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari, apalagi Pramuka ngajarin tentang gimana berbuat baik dan jadi orang yang ngasih manfaat untuk lingkungan dan masyarakat.

Oleh: Anna Priaganda

(kpl/rth)




LATEST UPDATE