BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Hymne Pramuka, Siapa Penciptanya?

Sabtu, 23 Januari 2016 10:58

Hymne Pramuka, Siapa Penciptanya?
Foto: istimewa




Kapanlagi.com - "Kami Pramuka Indonesia, Manusia Pancasila
Satya ku kudarmakan, Dharma ku kubaktikan,
Agar jaya Indonesia, Indonesia tanah airku, kami jadi pandumu.."

Guys, begitu baca lirik di atas pasti langsung otomatis nyanyiin hymne Pramuka yang udah famliar banget di kepala kamu kan ya?. Hymne ini sering dinyanyiin dalam segala kegiatan Pramuka supaya semua anggotanya tetep semangat dan ingat jiwa Pramuka.

Nah, gimana kalo kamu kulik sama-sama cerita singkat tokoh di balik hymne Pramuka ini, Guys? Menurut lansiran laman blogbestwish.blogspot.com, orang yang berhasil menciptakan hymne ini adalah M. Husein Mutahar atau yang akrab dipanggil kak Mut, beliau juga salah satu tokoh Pramuka Indonesia yang turut membantu lahirnya Pramuka di Indonesia. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai komponis Indonesia yang mahir menciptakan lagu-lagu kebangsaan dan lagu anak-anak.

Lansiran laman hymnepramuka-chiki.blogspot.com menyebutkan bahwa lagu ini sebenarnya diciptain pada tahun 1964 tapi sepuluh tahun sebelumnya kak Mut udah punya feeling kalo Indonesia ini bakal digoyang sama orang-orang yang mau ngerusak negara yang kaya akan sumber daya alam ini. Jadi, mulai tahun 1964 lagu ini mulai diperdengarkan sama masyarakat supaya tahu ini lho hymne Pramuka Indonesia.

Hymne Pramuka ini bener-bener bisa ngewakilin perasaan semua anggota Pramuka yang pengen berusaha sebaik-baiknya untuk setia sama janji Pramuka dan mengamalkan semua ilmu yang didapat supaya ngasih banyak manfaat buat lingkungan dan masyarakat.

Oleh: Anna Priaganda

(kpl/rth)






[ALERT] BOY'S THINGS
REKOMENDASI