BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Materi Kontroversial Bikin Belajar Jadi Penuh Tantangan

Sabtu, 5 Maret 2016 19:56

Materi Kontroversial Bikin Belajar Jadi Penuh Tantangan
Foto: awakeningself.com




Kapanlagi.com - Semua hal di dunia ini seperti koin yang memiliki dua sisi. Begitu juga dengan pendidikan. Untuk membuka mata para siswa atas fenomena yang terjadi, mau tak mau pendidikan harus bersinggungan dengan hal-hal yang kontroversial. Namun seringkali pembahasan mengenai hal-hal kontroversial ini memicu pertentangan di sekolah.

Ternyata materi yang kontroversial tuh emang bikin belajar jadi gak tenang ya. Ada aja yang ngehalangin, ada aja yang bikin kita ragu buat belajarnya iya kan?. Makanya, kamu juga harus tahu gimana harus bersikap dan menanggapi opini orang lain ketika kita di kelas.

Kalau menurut www.tolerance.org, toleransi tentu hal yang penting. Kalau bisa isu tersebut jangan terlalu besar. Jadi kita bisa memecah isu jadi beberapa bagian atau hanya berbicara tentang salah satu cabang dari isu tersebut. Tentu karena kita ngebahas sesuatu yang labil, kita gak bisa sembrono dong ya.

Kalau kau emang niat ngutarain pendapat atau opini kamu temands, kamu harus punya fakta, bukan melulu opini.Ternyata berdasarkan chroniclevitae.com, ngajar sesuatu yang kontroversial punya tekanan tersendiri bagi guru kamu lho. Makanya kamu juga harus dengerin penjelasan guru kamu dan jangan gampang emosi atau meloncat pada kesimpulan tertentu tanpa mendengar sampai habis.

Menurut www.sheffield.ac.uk, memang ada beberapa hal yang dianggap cenderung kontroversial. Apalagi kalau kelas kita itu anaknya heterogen. Isu yang sensitif itu diantaranya ras, agama, HIV, pelecehan seksual, kesehatan mental, dan banyak lagi deh.

Ingat perbedaan itu memperkaya lho bukan memecah belah. OK kawan?

By: Ananda

(kpl/rth)



READ MORE


LATEST UPDATE



[ALERT] BOY'S THINGS
REKOMENDASI