BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Napak Tilas Pendidikan Negara Indonesia

Senin, 26 Oktober 2015 12:37

Napak Tilas Pendidikan Negara Indonesia
Foto: positively-smitten.com




Kapanlagi.com - Udah berapa lama nih Guys sekolah di Indonesia? Apa kamu sadar kalau seiring panjangnya sejarah negara kita, pendidikannya juga punya sejarah yang gak kalah panjang? Nah, lama sekolah kamu gak ada apa-apanya deh Bray!.

Menurut trimasketir45.blogspot.com nih Bray, sejarah pendidikan di negara kita tercinta ini bisa dibagi dari masa sebelum dijajah, masa penjajahan, dan masa kemerdekaan nih. Masa sebelum dijajah, negara kita kan ada dua periode tuh, masa Hindu-Budha sama masa Islam.

Pada masa itu, pendidikan masih berupa pendidikan agama. Sesuai agama yang berkembang pada masanya, masyarakat juga lagi getol memperdalam pemahaman agama mereka Guys. Nah, menurut arraniry86.blogspot.com nih Bro pendidikan agama Islam dimulai dari daerah utara Sumatera yang merupakan pintu masuk kedatangan para orang Islam, sementara Hindu-Budha telah banyak menyebar di Indonesia.

Ketika masa penjajahan, muncul politik etis yang digagas oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer nih Guys. Menurut id.wikipedia.org, masa itu didirikan sekolah yang kemudian diperuntukan bagi para kaum pribumi. Politik etis ini membuat pendidikan kita mulai memasuki pendidikan yang modern. Akhirnya mulai muncul kaum cendekia deh.

Nah, karena politik etis ini nih Guys, para tokoh negara ini pun akhirnya jadi punya pengetahuan tentang sistem pendidikan. Bahkan banyak yang akhirnya mendalami kependidikan. Akhirnya, ketika negara kita bisa merdeka, kita bisa menyesuaikan keadaan negara kita sama kurikulum sendiri.

Setelah merdeka itulah Bray negara kita jadi berkembang hingga sekarang kurikulum berubah sesuai kebutuhan keadaan masyarakat kita. Selain itu, pendidikan mulai banyak diperhatikan dan makin ditingkatkan. Nah, gimana tuh Guys? Jangan dilupain ya Sejarah pendidikan kita yang panjang ini.

By: Ananda

(kpl/rth)