BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Susahnya Bikin Kurikulum Sendiri

Senin, 2 November 2015 07:20

Susahnya Bikin Kurikulum Sendiri
www.flickr.com




Kapanlagi.com - Bikin kurikulum sih emang gak gampang ya Guys, tapi bukan berarti gak bisa sama sekali lho. Buat kamu yang sekolahnya homeschooling atau yang emang informal di luar, kamu pasti gak bisa nurutin kurikulum yang ditetapin pemerintah. Sedkit banyak ada yang berubah lah, makanya bikin kurikulum cocok sama kita itu gak mudah.

Menurut gwynridenhour.wordpress.com, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu mutusin bikin kurikulum. Yang pertama, kamu harus tahu apa aja yang mau kamu pelajari. Kamu bisa mendata pelajaran apa aja, beserta materinya.

Jangan lupa dengan urutan prioritasnya, inilah yang bakal ngebantu kamu dalam nyusun jumlah jam pelajaran yang kamu perlukan. Gak cuma pelajaran yang penting, pelajaran yang sifatnya pengayaan juga penting lho. Hal ini buat nambahin pengetahuan kamu, selain itu, bisa juga jadi selingan biar gak bosan.

www.bhmed-emanual.org nambahin kalau kamu udah selesai sama daftar pelajaran yang kamu butuhin, jangan lupa dengan cara ujian dan penilaiannya. Kamu suka jenis ujian yang seperti apa dan yang penting ujian itu harus bisa ngukur seberapa paham kamu sama pelajaran itu. Kamu juga harus bisa menantang diri kamu ya, jangan ambil mudahnya aja.

Yang terakhir, kamu harus bisa ngatur tujuan belajar dan kompetensi yang harus kamu penuhi. Yang kayak gini penting, jadi kamu gak ngabisin waktu terlalu banyak dan kamu juga bisa belajar lebih efetif. Diskusikan hal ini sama ortu dan guru kamu ya, kan kamu yang tahu kebutuhan kamu sendiri.

By: Ananda


(kpl/rth)