GIRLS KESEHATAN

Mengenal Jenis-Jenis Anemia

Jumat, 12 September 2014 19:10

Mengenal Jenis-Jenis Anemia
 




Kapanlagi.com - Kamu sering merasa lelah atau lesu? Padahal kamu gak melakukan aktivitas yang berat. Kalau kamu memang sering mengalami hal tersebt, Girls, coba deh periksa ke dokter karena kamu bisa saja mengalami anemia.

Anemia ini merupakan kondisi dimana sel darah merah kamu lebih sedikit dari yang seharusnya. Laman kidshealth.org menyebutkan bahwa ada setidaknya tiga alasan mengapa seseorang mengalami anemia. Alasan pertama adalah kehilangan sel darah merah, kedua karena tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit, dan ketiga karena tubuh merusak sel darah merah tersebut.

Nah, ketiga penyebab anemia tersebut selalu dikaitkan denga tiga tipe anemia yang berbeda-beda. Yup, anemia ada banyak jenisnya, Girls. Buat nambah informasi kamu, berikut ulasannya:

1. Anemia karena kehilangan darah
Ketika seseorang mengalami kehilangan darah, mereka bisa saja mengalami anemia. Ketika sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel darah merah sebanding dengan darah yang keluar, maka akan terjadi anemia. Pada wanita, biasanya hal ini bisa terjadi ketika sedang mengalami menstruasi.

2. Anemia karena kekurangan zat besi
Ini merupakan tipe anemia lainnya. Kamu juga bisa mengalami anemia kalau kamu makan dengan tidka seimbang. Zat besi itu sangat penting banget untuk membantu produksi sel darah marah. Makanya, Girls, mulai sekarang coba deh buat lebih menambah asupan zat besi kamu, dari pada nanti terkena anemia.

3. Hemolytic Amenia
Anemia jenis ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami anemia karena sel dara merah mengalami gangguan. Gangguan disini misalnya adalah umur sel darah merah yang lebih cepat mati dari pada sel darah merah pada umumnya.

Nah, Girls, kalau kamu merasa memiliki anemia, coba deh periksakan ke dokter anemia tersebut. Supaya kamu mengetahui termasuk dalam tipe apa anemia kamu itu.

Oleh: Ratna K.D
Sumber: http://kidshealth.org/teen/diseases_conditions/blood/anemia.html#

(kpl/rth)



READ MORE