GIRLS LIFESTYLE

Apa Sih Chicklit Itu?

Rabu, 3 September 2014 23:02

Apa Sih Chicklit Itu?
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Ketika kamu mendengar kata chicklit, apa yang terbesit di benakmu? Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui teenlit itu, atau kamu tidak tahu sama sekali. Chickilt? Hampir sama dengan teenlit, ledlit. Trus apa  itu chicklit?  Tenag aja, Gals. Di sini kita akan mengulas mengenai chicklit.

Menurut en.wikipedia.org, istilah chicklit merupakan penggabungan dua yaitu kata chick, yang dalam bahasa Amerika berarti perempuan muda, dan lit, kependekan dari literature. Jika secara konotasi chicklit dikaitkan dengan sebuah merek permen karet yaitu Chiclets, sehingga terkesan bahwa genre buku ini mengambil tema seorang wanita dnegan kehidupan yang tak teratur, atau sesuka dia.

Pada Chicklit membahas mengenai tema wanita modern, sering terdapat candaan serta ringan dibaja. Genre ini telah populer di akhir tahun 1990-an, dengan judul chicklit topping daftar buku terlaris. Chicklit lebih banyak bertemakan cerita romantis antar kekasih, dan sering disebut sebagai novel roman, namun dalam ceritanya tak hanya menyangkut kekasih saja, seperti hubungan karena pahlawan dengan keluarga atau teman-teman sering sama pentingnya dengan cerita alur romantis.

Ada beberapa buku chicklit yang menggambarkan wanita tegar, yang hidupnya menggambarkan sosok wanita tegar, yang hidupnya kosmopolitan dan punya karir yang oke. Serta memiliki pesan-pesan tersembunyi untuk mengatakan bahwa being single is all-right, do not worry or ashamed for being single in twenty-something. Nah, chicklit ini merupakan karangan fiksi berdasarkan pengalaman-pengalaman perempuan berumur 20 tahun sampai 30 tahun.

Kamu sudah bisa menemukan perbedaannya dengan teenlit, Gals? Nah ciri chicklit yang paling mudah kamu temui adalah pada sampul buku. Tenang saja, jika novel teenlit memiliki identitas di pojok kanan atas, ya sama halnya dengan chicklit. Semoga bermanfaat.

Oleh    : arina
Sumber    :
http://blog.lazada.co.id/chicklit-sebuah-fiksi-postfeminis/
http://i-rara.com/chick-lit-apa-itu/
http://en.wikipedia.org/wiki/Chick_lit

(kpl/rth)



READ MORE