GIRLS LIFESTYLE

Dampak Negatif Keberadaan Sosial Media

Rabu, 3 September 2014 22:22

Dampak Negatif Keberadaan Sosial Media
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Teman, keberadaan sosial media memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna lainnya meskipun terpisahkan oleh jarak yang jauh. Namun, tahukah kalian, Teman bahwa keberadaan sosial media juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya. Berikut ini uraiannya, simak baik-baik ya!

Sebagaimana dilangsir dari smallbusiness.chron.com keberadaan sosial media bisa membuat seorang menjadi lebih terbuka dan tidak memiliki privasi untuk diri mereka sendiri karena setiap ada suatu hal atau peristiwa yang terjadi pada pengguna tersebut maka pengguna cenderung menyebarkannya ke sosial media melalui update status.

Sementara dilangsir dari sumber sosialnetworking.lovetoknow.com keberadaan sosial media juga bisa mengakibatkan seseorang menjadi pribadi yang terisolasi atau tertutup. Hal ini terjadi apabila seseorang sudah kecanduan untuk berkomunikasi menggunakan sosial media selama berjam-jam. Seseorang bisa jadi menjadi bersifat individualis karena tidak melakukan komunikasi secara nyata.

Teman, sebagaimana dilangsir dari rd.com ternyata berkomunikasi dengan sosial media juga bisa berdampak pada menurunnya kemampuan seseorang untuk melakukan percakapan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa digambarkan ketika seseorang melakukan transaksi jual beli melalui sosial media dengan transaksi secara nyata, seseorang yang melakukan transaksi secara nyata akan memiliki kemampuan lebih dalam berkomunikasi dengan orang lain dan kecakapan dalam berbicara dibandingkan dengan seseorang yang melakukan transaksi melalui sosial media.  

Selain itu, dampak lain yang juga bisa muncul akibat penggunaan sosial media yakni waktu akan menjadi terbuang sia-sia apabila hanya menggunakan sosial media untuk berkomunikasi saja sebagaimana dilangsir dari rd.com. Teman, terdapat sebuah pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang, kira-kira seperti itulah gambaran dari pentingnya menghargai waktu. Maka ada baiknya jika kalian menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dengan tidak hanya asyik bermain dengan sosial media, akan tetapi juga melakukan berbagai aktivitas yang kelak bisa bermanfaat untuk masa depan kalian, misalnya saja menggali potensi diri dengan mengasah bakat yang dimiliki.

Oleh : Arlina
Sumber :
http://www.rd.com/slideshows/negative-effects-of-social-media/
http://smallbusiness.chron.com/negative-effect-social-media-society-individuals-27617.html
http://socialnetworking.lovetoknow.com/Negative_Impact_of_Social_Networking_Sites

(kpl/rth)



READ MORE