GIRLS LIFESTYLE

Gimana Sih Sejarah Sosial Media?

Senin, 1 September 2014 23:22

Gimana Sih Sejarah Sosial Media?
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Gals, berbicara mengenai Sosial media, tahukan kalian mengenai sejarah dari munculnya sosial media? Jika belum tahu, simak baik-baik ya uraian berikut.

Gals, Sejarah sosial media dimulai dengan ditemukannya internet terlebih dahulu, selanjutnya penemuan sistem papan buletin pada tahun 1978 yang memberikan kemudahan untuk dapat berhubungan dengan orang lain melalui surat elektronik, menggungah ataupun mengunduh software, yang semua ini dilakukan dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.

Baru di tahun 1994 Geocities lahir, keberadaan situs ini melayani web hosting yaitu layanan untuk menyimpan data-data website agar website itu bisa dibuka dimanapun dan kapanpun. Geocities sekaligus menjadi acuan orang-orang untuk mulai membuat website sendiri.

Di tahun 1995 lahirlah situs sosial media yaitu classmates.com dan tahun 1997 lahir sirus sosial media juga yaitu sixdegree.com, walaupun classmates.com lahir terlebih dahulu tetapi sixdegree.com lebih diminati oleh para pengguna.

Pada tahun 2002 muncullah Friendster yang menjadi pelopor bagi munculnya media sosial yang lain. Keberadaan media sosial yang pertama ini mendapat sambutan yang baik di masyarakat dengan bukti keberhasilannya untuk merangkul sebanyak 3 juta pengguna hanya dalam waktu 3 bulan pertama. Selanjutnya muncul media sosial facebook pada tahun 2004, media sosial ini memiliki jumlah pengguna terbanyak dan sampai sekarang ini masih tetap digemari oleh masyarakat dunia.  

Dan di tahun selanjutnya, tepatnya pada tahun 2006, selisih 2 tahun dengan facebook, muncullah sosial media twitter. Sosial media yang satu ini pada dasarnya fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan facebook. Namun di twitter lebih banyak menggunakan istilah-istilah, misal untuk update status di facebook, di twitter dinamakan tweet yang panjangnya hanya dibatasi maksimal 140 karakter. Dan di tahun selanjutnya muncul situs-situs sosial media yang lain seperti wiser, google+, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat, gals.

Oleh: Arlina
Sumber:
http://www2.uncp.edu/home/acurtis/NewMedia/SocialMedia/SocialMediaHistory.html
http://www.webmasterview.com/2011/08/social-networking-history/
http://www.digitaltrends.com/features/the-history-of-social-networking/

(kpl/rth)



READ MORE