GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Arti Lambang Bendera Pramuka

Selasa, 3 November 2015 06:58

Arti Lambang Bendera Pramuka
Foto: twicsy.com




Kapanlagi.com - Girls, buat kamu para remaja muda cewek khusunya pasti udah tahu banget sama yang namanya gerakan Pramuka, yaitu gerakan kepanduan yang ngajarin banyak hal dan dilambangkan dengan tunas kelapa. Pernah nggak terpikir apa sih alesannya tunas kelapa yang dipillih jadi lambang Pramuka?

Ini nih ceritanya, Girls, coba kamu simak ulasan singkat yang dilansir oleh beberapa laman di bawah ini, lansiran pertama adalah dari wikipedia.org yang menyebutkan bahwa orang yang berjasa mengenalkan lambang Pramuka adalah tokoh Pramuka yang juga pegawai tinggi Departemen Pertanian bernama Soenardjo Atmodipurwo.

Ulasan lainnya dilansir dari laman pramukaria.blogspot.com yang menjelaskan bahwa lambang gerakan Pramuka ini sifatnya tetap dan lambang tersebut harus mencerminkan sifat, nilai dan norma anggota Pramuka kayak yang udah dicita-citakan, maka dipilihlah tunas kelapa ini.

Tunas kelapa dipilih karena banyak makna yang bisa diambil, Girls, tetep pantengin ulasan ini ya, makna lambang Pramuka bakal dibahas abis di bawah ini sesuai lansiran laman puisikoe.blog.com, Girls. Check this out!

1. Lambang Pramuka adalah siluet atau bayangan tunas kelapa, karena tunas kelapa banyak nilai filosofisnya.
2. Buah nyiur yang tumbuh itu artinya cikal bakal. Maksudnya setiap anggota Pramuka adalah bakal orang-orang yang akan bermanfaat bagi bangsa Indonesia, terutama melalui gerakan Pramuka.
3. Buah nyiur dapat bertahan lama. Maksudnya setiap anggota Pramuka adalah orang-orang yang tahan banting, kuat ngadepin segala hambatan dan rintangan, serta sehat jasmani dan rohaninya.
4. Nyiur bisa tumbuh dimana saja, ini artinya anggota Pramuka bisa menyesuaikan diri dengan kondisi apapun, Girls.
5. Nyiur bisa tumbuh tinggi, maksudnya anggota Pramuka selalu punya cita-cita yang tinggi.
6. Nyiur punya akar yang kuat, berarti anggota Pramuka adalah orang-orang yang berpegang teguh pada norma-norma yang kuat.
7. Nyiur adalah pohon yang serbaguna yang berarti anggota Pramuka harus selalu jadi orang yang bisa diandelin dan membantu orang lain.

Oleh: Anna Priaganda


(kpl/rth)