GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Hal-Hal Unik Seputar Kepanduan Dunia

Selasa, 3 November 2015 07:32

Hal-Hal Unik Seputar Kepanduan Dunia
www.patheos.com




Kapanlagi.com - Gals, sejarah panjang pramuka di dunia ternyata membawa banyak hal yang menarik dan unik lho. Nah, kamu wajib tahu nih, berdasarkan en.wikipedia.org ada banyak banget yang bisa kamu jadiin pengatahuan seputar pramuka. Mulai dari kegiatan bakti sosial, emblem internasionalnya, Hari Mengingat, gaya salaman, sampai moto yang simpel.

Yang dimaksud sebagai bakti sosial itu, para anggota pramuka wajib melakukan kebaikan kepada orang lain. Kebaikan ini boleh dalam bentuk apapun, asalkan mereka gak meminta balasan atau bayaran apapun. Nah, ada juga emblem internasional pramuka yang bentuknya kelopak bunga, tapi sebenernya bukan kelopak bunga.

Nah sekarang kita bahas emblem internasional. Di bagian tengah emblem internasional pramuka itu adalah jarum kompas yang artinya pramuka punya arah yang baik dan memimpin. Lalu 2 kelopak di sampingnya punya bintang yang berarti janji kepramukaan dan hukum. Warnanya yang keemasan sebenernya menggambarkan kalau pramuka ikutan menyinari masa depan anak di seluruuh dunia.

Kemudian ada juga Hari Mengingat. www.girlscouts.org nerangin nih, kalau tiap 22 Februari di tiap tahunnya, semua cewek yang jadi anggota pramuka di Indonesia harus mengingat nasib wanita di seluruh dunia. Dengan mengingat nasib sesama cewek di seluruh Indonesia, kita jadi bisa lebih bersyukur dan bisa memikirkan solusi biar semua cewek di dunia ini bisa dapat perlakuan yang adil.

thescoutingpages.org.uk juga merilis hal unik lain dari pramuka. Mereka salaman pakai tangan kiri! Ini karena tangan kiri dekat dengan hati, jadi ini simbol kepercayaan dan persahabatan. Hal menarik lain adalah motonya yang simpel. "Bersiaplah". Menurut www.brainyquote.com, maknanya adalah semua pramuka harus bersiap apapun yang gterjadi gak boleh terkejut, tapi udah langsung tanggap, punya ide, dan mengaplikasikannya. Wah, unik, simpel, dan keren ya Gals!.


By: Ananda (kpl/rth)