GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Ini Nih Hal Seru Yang Bisa Kamu Pelajari Dalam Pramuka

Sabtu, 28 Maret 2015 20:35

Ini Nih Hal Seru Yang Bisa Kamu Pelajari Dalam Pramuka
Foto : http://www.fiverivers.org




Kapanlagi.com - Girls, pramuka adalah salah satu gerakan yang banyak ngasih manfaat positif buat para anggotanya, karena dengan mengikuti gerakan kepanduan yang dipelopori sama Lord Baden Powell ini kamu jadi bisa belajar banyak hal yang mungkin nggak diajarin secara formal di sekolah. Apa aja tuh?

Nah, kamu lagi ngebaca artikel yang tepat Girls, karena pertanyaan itu bakal dijawab lewat ulasan di bawah ini, jadi buat kamu yang bertanya-tanya anggota Pramuka belajar apa aja ya ini jawabannya, simak ya Girls!

Ada beberapa hal yang dipelajari dalam Pramuka, diantaranya belajar cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan, belajar sandi-sandi rahasia seperti sandi rumput dan kode morse serta semaphore, tali-temali, dan baris-berbaris serta pemetaan yang dilakukan dengan tujuan-tujuan yang positif.

Bahas yang pertama dulu ya Girls, berdasarkan lansiran laman rudiharyanto8.blogspot.com pertolongan pertama itu wajib dipelajari supaya kamu bisa menyelamatkan penderita dari luka atau cacat yang lebih parah, bisa menyelamatkan nyawa penderita, dan mengurangi rasa cemas dan ketidaknyamanan karena kecelakaan. Pramuka mempelajari beberapa hal diantaranya belajar cara memberi pernapasan bantuan, merawat dan membalut luka dan patah tulang, mengatasi mimisan, asma dan pingsan.

Yang kedua dipelajari adalah belajar sandi-sandi rahasia seperti kode morse, sandi rumput dan semaphore, tujuannya adalah supaya bisa memberikan informasi pada anggota lain dengan bantuan alat seadanya apabila keadaan terdesak dan informasi ini nggak bisa diketahui pihak lain.

Yang ketiga harus dipelajari adalah tali-temali, tujuannya adalah untuk ngebantu kamu mengikat, menggabungkan sesuatu, bahkan menyelamatkan kamu dari kondisi mendesak yang membahayakan. Lansiran laman kumpulanmateripramuka.blogspot.com ngasih tahu bahwa beberapa jenis tali-temali yang penting dipelajari adalah membuat simpul dan ikatan.

Kemudian Girls, hal lain yang dipelajari adalah pemetaan supaya kamu bisa mengenali daerah manapun bahkan yang nggak kamu kenal dan bebas dari yang namanya kesasar. Dan juga ilmu baris-berbaris yang bisa bikin kamu jadi lebih kuat jasmani rohani, dan disiplin serta punya tanggung jawab.

Pramuka itu nggak cuma belajar itu aja, tapi juga melatih kamu menghargai orang lain, mau membantu dan berkorban buat lingkungan dan pastinya bikin kamu jadi remaja yang lebih ciamik dari sekarang.

Oleh: Anna Priaganda


(kpl/rth)