GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Kebijakan Pendidikan Berkarakter di Indonesia

Sabtu, 6 Februari 2016 10:37

Kebijakan Pendidikan Berkarakter di Indonesia
 




Kapanlagi.com - Gals, yang namanya pendidikan berkarakter pasti udah tahu dong ya? Kan kita lagi ngejalanin ini. Yup, dengan pendidikan berkarakter ini, kita diharapin bisa ngembangin moral kita. Nggak cuman pinter!

Menurut www.scu.edu, pendidikan berkrakter tuh menuntut siswanya biar bisa jadi orang dan warga negara yang baik. Jadi biasanya disesuaikan sama nilai yang dijunjung tinggi di negara tersebut Kawands.

www.gmni.or.id melansir nih kalau pendidikan di Indonesia gak cuman membentuk generasi bangsa yang tokcer nih Gals. Tapi juga sekalian memiliki jiwa pancasila. Nah, di Pancasila sendiri kan banyak tuh nilai-nilai luhur yang kita junjung seperti kejujuran, tenggang rasa, etika, jiwa pemimpin, nasionalisme, dan sebagainya. Hal ini penting banget dan jangan sampai kita lupakan Gals!

Supaya Indonesia bisa maju dan sukses, karakter yang baik juga harus turut dikembangkan. Apalagi dengan arus globalisasi yang makin kenceng. Pendidikan bisa jadi penyaring dari nilai yang gak sesuai sama tujuan luhur bangsa kita nih.

Salah satu usaha pemerintah biar nilai kebangsaan kita gak luntur adalah dengan memasukkannya dalam kurikulum kita nih Gals. Seperti kurikulum 2013 yang menekankan pendidikan berkarakter. edukasi.kompas.com melansir tujuan kurikulum 2013 yang terfokus pada karakter bangsa kita.

yudiavadza.wordpress.com merinci penekanan karakter pada kurikulum 2013. Penambahan jam belajar pendidikan pancasila dan keagamaan serta menjadikan pramuka sebagai ekskul wajib tuh udah mencerminkan penekanan karakter pada kurikulum baru nih Gals. Pada kurikulum 2013 juga ditekankan penilaian sikap dan perilaku yang sangat ketat.

Kalau kamu pinter, kamu mungkin bisa bikin negara ini kaya lho Gals. Tapi negara yang baik itu sebenernya adalah negara yang makmur. Salah satu caranya ya dengan menjadikan diri kita generasi yang bermoral. Makanya kamu juga harus ikut melestarikan nilai moral yang baik ya. Ok?

By: Ananda

(kpl/rth)




LATEST UPDATE



[ALERT] GIRL'S THINGS
REKOMENDASI