GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Sekolah Shinto, Sekolah Agama Khusus Jepang

Selasa, 20 Januari 2015 16:41

Sekolah Shinto, Sekolah Agama Khusus Jepang
Ilustrasi © REUTERS




Kapanlagi.com - Gals, tahu Shinto gak? Shinto ini kepercayaannya orang-orang Jepang. Kalau menurut en.wikipedia.org, Shinto tuh punya nama lain Kami-no michi. Kata Shinto sendiri nih Sis, merupakan kesatuan dari 2 kata, "Shin" yang bisa diartikan roh atau dewa, dan "to" yang artinya jalan filosofis atau ilmu. Orang Jepang ketika lahir akan otomatis menjadi penganut Shinto lho.

Berdasarkan sejarahnya, Shinto merupakan agama tradisional yang muncul bersamaan dengan menyebarnya agama Budha di Jepang. Sekitar tahun 1868-1945 adalah periode terkenal yang disebut "Periode Shinto" karena pada saat itu agama Shinto memiliki peran yang sangat penting bahkan dalam dunia politik Jepang.

Karena perannya yang sangat penting, Shinto pun dipelajari di sekolah. Bahkan pelajar pada masa itu wajib merujuk pelajarannya pada kepercayaan ini lho Girls. Wah, segitu akuratnya ya Shinto di Jepang.

en.wikipedia.org juga mencatat sekolah-sekolah kepercayaan Shinto yang ada dari dulu banget di awal kemunculannya sampai 1977. Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah yang mengajarkan agama Shinto untuk aliran tertentu yang diajarin sama Biksu Shinto yang berbeda pula. Umumnya mereka punya fokus yang berbeda dari agama Shinto ini.

Pada beberapa aliran yang diajarkan pada sekolah-sekolah itu tuh Gals, ternyata agama SHinto ini dipadukan dengan aliran Konfusius yang saat itu tengah ngetren atau agama Budha yang lebih dulu muncul dan menyebar. eos.kokugakuin.ac.jp juga mendata sekolah pada jaman modern ini yang mengajarkan agama Shinto ini lho Gals.

Ternyata ada Universitas Kogakkan dan Kokugakuin yang merupakan satu-satunya sekolah yang mengajarkan agama Shinto di Jepang saat ini. Wah, meski penganutnya nomer satu di Jepang, sekolahnya dikit banget ya.

By: Ananda

(kpl/rth)