GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Urutan Tingkat Dalam Pramuka

Jumat, 4 September 2015 09:28

Urutan Tingkat Dalam Pramuka
Foto: www.pramuka.tk




Kapanlagi.com - Gals, kalo kamu ngomongin Pramuka emang nggak bakal ada habisnya deh, berbagai macam hal tentang Pramuka bisa dibahas abis dan pastinya seru bikin kamu pengen tahu lebih banyak lagi kan. Nah, kali ini yang mau dibahas adalah tingkatan dalam Pramuka.

Tingkatan ini ada 4 dan setiap tingkatan didasarkan sama umur anggotanya, makin gede umur anggotanya maka makin gede juga tingkatan Pramukanya, jadi musti memenuhi syarat-syarat yang dalam dunia kepramukaan populer disebut Syarat Kecakapan Umum atau disingkat SKU seperti yang dilansir oleh puisikoe.com.

Ya udah daripada berlama-lama segera simak yuk ulasan yang dilansir laman halamanpramuka.blogspot.com dan sandhi-pramukaindonesia.com di bawah ini yang bakal ngupas abis tentang tingkatan dalam Pramuka, makanya ayok dipantengin sama-sama, Girls!

Yang pertama adalah tingkatan paling imut, diisi sama anggota-anggota yang usianya 7-10 tahun, disebutnya pramuka Siaga. Kenapa dibilang siaga karena jaman perjuangan dulu rakyat Indonesia musti menyiagakan diri untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, Girls. Di dalam tingkat Siaga ada juga beberapa tingkatan seperti Mula, Bantu, dan Tata berdasarkan SKU.

Yang kedua adalah tingkatan diatas Siaga yang diisi sama anggota-anggota berusia 10-15 tahun yang disebut pramuka Penggalang. Nah, Penggalang ini masih punya tingkatan lain di dalamnya Girls, yaitu Ramu, Rakit, Terap, dan Garuda.

Yang ketiga adalah tingkatan di atas Siaga dan Penggalang yang diisi sama anggota-anggota berusia 16-20 tahun yang disebut pramuka Penegak. Sama juga kayak yang lainnya, pramuka Penegak juga punya beberapa tingkatan yaitu Bantara, Laksana, dan yang tertinggi adalah Garuda.

Yang paling terakhir adalah tingkatan tertinggi yaitu pramuka Pandega yang diisi sama anggota-anggota berusia 21-25 tahun dan nggak punya tingkatan lho Girls.

Oleh: Anna Priaganda


(kpl/rth)