BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Sejarah Pendidikan Amerika Sampai Sekarang

Selasa, 14 Juli 2015 04:13

Sejarah Pendidikan Amerika Sampai Sekarang
Foto: www.comicbookmovie.com




Kapanlagi.com - Negara Paman Sam ini termasuk terpandang lho. Pendidikan di sana juga complicated banget. Sejarahnya dibagi jadi 3 era deh Guys yaitu era kolonialisme, era progresif, terus era modern.

en.wikipedia.org mencatat pada jaman kolonialisme, jaman itu masih disebut New England, saat itu sekolah umum pertama dibangun. Boston Latin School dibangun pada tahun 1635, sementara di Massachusetts dibangun sekolah publik pertama yang dibiayai oleh pajak dari rakyat.

Berdasarkan www.chesapeake.edu nih Bray sekalian, pada pertengahan abad ke-18 ini, dibangun pula sekolah berupa akademi yang sebenernya memadukan sekolah yang mengajarkan bahasa Latin dan pengetahuan umum. Ternyata sekolah dengan bentuk akademi ini lebih populer dibandingkan sekolah yang hanya mengajarkan bahasa Latin untuk menjadi pastur.

Sementara en.wikipedia.org juga mencatat kalau sekolah umum yang pertama dibangun dengan dukungan pemerintah saat itu adalah setelah revolusi Amerika terjadi. Kejadiannya antara tahun 1870 sampai 1870 nih Bray. Saat itu sekolahnya masih merupakan sekolah parokhial.

Pada era progresif, tepatnya pada Era Pergerakan Progresif yang terjadi antara tahun 1890 sampai 1930, mulai ada pemikiran demokrasi di pendidikan Amerika. Bahkan mulai ada pendidikan untuk para penduduk kulit hitam yang merupakan para buruh pada jaman itu.

Lah, pada tahun 1910, 72% anak di Amerika telah masuk sekolah lho Bray. Banyak sekolah swasta yang didirikan biar pendidikan bisa ngejangkau siapa aja. Tapi, pendidikan sempat mandek pas Perang Dunia II meletus nih Fiends. Banyak siswa setara SMA dan Pendidikan Tinggi yang ikutan perang.

Nah, Kini, pendidikan udah dianggap salah satu faktor pembangun negara nih Guys, makanya di Amerika pun sampai ada Gerakan No Child Left Behind pada 2002. Wah, gimana menurut kamu nih Guys dengan sejarah yang lumayan panjang dari pendidikan Amerika?.

By: Ananda


(kpl/rth)