BOYS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Wah, Homeschooling Ternyata Terbatas Nih

Minggu, 5 April 2015 02:24

Wah, Homeschooling Ternyata Terbatas Nih
Foto: http://cdn.parentsware.com




Kapanlagi.com - Guys, homeschooling emang lagi ngetrend banget ya. Tapi, ternyata nih, mengingat ada aja beberapa kekurangan dan kerugian yang bisa kamu dapatin dari ikutan homeschooling, beberapa negara di dunia ternyata ngelarang praktik homeschooling ini secara bebas lho.

Menurut yang dilansir sama scienceblogs.com, homeschooling bisa aja malah bikin sang anak kehilangan masa depannya akibat jeleknya administrasi homeschooling. Buruknya lagi, banyak ortu yang mengajak anaknya untuk homeschooling ini gak paham sama peraturannya. Homeschooling yang baik itu gimana, dan sebagainya.

Well, ngatur sekolah emang bukan hal yang mudah deh ya, meskipun kita bisa fokus dan gak terganggu sama hal lain, tapi toh homeschooling dikit aja bedanya sama sekolah beneran yaitu jumlah murid. Kalau administrasinya, yah kudu baik juga kayak sebuah sekolah beneran, termasuk masalah kualitas, kurikulum dan pencapaian materi.

Di beberapa negara, homeschooling ini punya peraturan yang amat ketat lho. Termasuk di Amerika Serikat. today.yougov.com melansir bahwa meskipun homeschooling itu adalah hak setiap ortu buat kebaikan anaknya, tetep aja pemerintah punya andil masalah kayak gini. Seperti menetapkan ujian persamaan, kurikulum, dan kompetensi yang harus dicapai tiap semester.

Jadilah pemerintah juga harus bisa bikin peraturan biar homeschooling nih kayak boomerang buat para ortu dan utamanya kita para siswa nih Bray. Setuju kan? bagaiamana kualitas dan hak mereka harus seenggaknya sama deh sama yang disekolah formal.

Lah, solusinya, menurut homeschooling.about.com nih, kalau mau homeschooling gak boleh gak punya basic. Seenggaknya sharing sama yang udah punya pengalaman homeschooling. Jangan percaya isu dan pastikan pemerintah juga punya andil biar ntar nasib kita gak malah terkatung-katung.

Peraturan itu penting lho, kan demi kebaikan semua. Iya gak nih Guys? Ikutan homeschooling gak berarti gak ada kaitan sama sekali sama peraturan pendidikan lho.

By: Ananda


(kpl/rth)