GIRLS SEKOLAH DAN PENDIDIKAN

Perubahan Sistem Pendidikan Jepang di Era Meiji

Senin, 2 Maret 2015 15:38

Perubahan Sistem Pendidikan Jepang di Era Meiji
Ilustrasi © AFP




Kapanlagi.com - Jepang dikenal sebagai negara yang tertutup dan gak terlalu suka sama negara Barat. Tapi sejak restorasi Meiji, jepang mulai terbuka sama ide-ide barat dan mulai muncul modernisasi di Jepang, termasuk pendidikannya. Makanya sistem pendidikan di Jepang sempet berubah di masa Meiji ini Gals.

Menurut en.wikipedia.org, pada masa Meiji Jepang mengadopsi beberapa sistem yang dilakukan di Barat. Sistem pendidikan di Jepang pun diubah dan meniru model Amerika. Selain itu Jepang juga meniru model pendidikan sentralisasi yang dilakukan di Perancis. Jepang bahkan mendatangkan beberapa ahli pendidikan dari luar negeri buat bikin kurikulum yang pantas buat anak-anak Jepang.

www.japan-guide.com nambahin kalau salah satu pembaharuan yang dilakukan jaman Meiji ini adalah adanya pendidikan wajib yang dilakukan di Jepang. Nah, di Jepang sendiri, pendidikan wajib ada sampai SMP aja lho. Jadi pendidikan SMA dan perguruan tinggi nggak wajib diambil meski ternyata hampir 100% anak Jepang bersekolah sampai tingkat SMA.

Berdasarkan en.wikipedia.org, reformasi gak cuman di masalah pendidikan wajib aja tapi juga mencakup masalah ilmu yang diberikan ke siswa. Kalau sebelumnya buku teks pelajaran terbatas pada buku Konfusiusme, tapi kemudian diganti sama buku-buku terbitan dari Barat. Namun kemudian nilai-nilai moral Konfusius kembali ditekankan.

Nah, ternyata Era Meiji bikin Jepang jadi makin terbuka ya. Terbukti setelah Era Meiji ini mulai banyak ahli anak, editor majalah, reforman, dan ibu yang memiliki pengetahuan luas untuk bisa mendidik anaknya. Well, pengaruh pendidikannya masih terasa sampai sekarang lho. Kamu bisa kok lihat peninggalan Meiji sampai saat ini di pendidikan Jepang.

By: Ananda


(kpl/rth)