BOYS PUBERTAS

Dampak Buruk Dari Bullying

Kamis, 9 Oktober 2014 22:04

Dampak Buruk Dari Bullying
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Bullying pastinya kana memberikan dampak buruk. Dampak buruk tersebut tidak hanya akan menimpa pada mereka yang menjadi korban bullying, tetapi juga pada mereka yang melakukan bullying. Jadi mereka yang terlibat dalam bullying ini akan merasakan akibatnya.

Apa saja dampak buruk yang akan mereka dapatkan? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman stopbullying.gov:

1. Bagi mereka yang menjadi korban bullying
- Merasa cemas dan sangat khawatir: mereka akan menjadi sangat cemas dan takut bila ada orang lain yang juga akan melakukan bullying terhadap dirinya.
- Masalah kesehatan: merasakan tertekan terus menurus akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, biasanya para korban bullying akan cenderung menjadi mudah sakit.
- Mengalami penurunan prestasi: mereka yang mengalami bullying mungkin akan menjadi sulit untuk dapat berkonsesntrasi. Dan hal tersebut akan berdampak pada kehidupan sekolahnya.

2. Bagi mereka yang melakukan bullying
- Selalu terlibat perkelahian: mereka yang melakukan bullying biasanya akan memiliki rasa berkuasa di sekolah. Makanya, mereka akan menjadi sering terlibat dalam perkelahian.
- Beresiko menjadi kriminal: jika terus menerus melakukan bullying apalagi physical bullying, mereka akan beresiko melakukan tindakan kriminal yang lebih parah lagi ketika mereka telah dewasa.
- Pergaulan bebas: mereka yang sering melakukan bullying, pastinya akan berteman dengan mereka yang juga melakukan bullying. Dan hal ini akan memicu pertemanan yang tidak sehat, seperti bersama teman-temannya melakukan penyalah guanaan obat-obatan atau alkohol.

Nah, itu tadi beberapa dampak negative dari bullying. Makanya, Guys, gak usah deh yang namanya melakukan bullying, karena semua itu hanya membuat permasalahan.

Oleh: Ratna K.D

(kpl/rth)



READ MORE