GIRLS FASHION

Apa Sih Pakaian Formal Itu?

Rabu, 20 Agustus 2014 13:40

Apa Sih Pakaian Formal Itu?
Ilustrasi Shutterstock




Kapanlagi.com - Kalian mungkin sering denger papa-mama atau kakak-kakak kalian ngomong tentang pakaian formal. Sebetulnya itu pakaian yang kayak gimana sih? Yuk baca penjelasan dari wikipedia.org ini, teman!

Kata formal itu sendiri dari bahasa Inggris, guys. Formal itu artinya adalah sesuai dengan aturan atau etiket gitu. Nah, pakaian formal itu bahasa Inggris-nya adalah formal wear atau formal dress . Nah, pakaian formal itu pokoknya adalah pakaian-pakaian yang cocok atau dianggap sopan untuk digunakan dalam acara-acara yang resmi gitu. Acara resminya itu ya kayak pernikahan, pesta dansa, atau pesta prom kelulusan SMA gitu.

Nah terus, apa begitu kalian denger acara-acara apa aja yang harus pakaian formal, kalian langsung nyambungnya ke pakaian-pakaian kayak jas item plus dasi gitu, guys? Emang guys, pakaian formal gaya barat seperti itu udah menyebar ke seluruh penjuru dunia, khususnya ke negara-negara yang ga punya pakaian formal nasional gitu.

Pakaian formal gaya barat itu ada dua macem, guys, pakaian siang dan malam. Pakaian malam yang formal untuk pria itu terdiri dari jas buntut hitam, dasi kupu-kupu putih, rompi putih, dan hem putih. Sedangkan untuk pakaian siang, hampir sama kayak yang malem tapi dasinya item gitu, guys. Kalo untuk wanita, pakaian formalnya itu adalah dress atau gaun gitu.

Karena Indonesia punya pakaian nasional, pakaian formal gaya barat itu jarang dipake sebetulnya. Orang Indonesia punya batik dan kebaya, girls. Sebetulnya pakaian adat lain juga ada banyak banget, tapi secara internasional, dunia ngertinya bahwa pakaian formal Indonesia itu batik dan kebaya. Jadi untuk acara-acara seperti nikahan gitu pakaian formalnya adalah batik atau kebaya, gitu.

Oleh: Satrio
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Formal_wear (kpl/rth)



READ MORE