GIRLS KESEHATAN

Hepatitis C, Apaan Ya?

Rabu, 5 November 2014 22:41

Hepatitis C, Apaan Ya?
Ilustrasi




Kapanlagi.com - Gals, yang namanya penyakit jaman sekarang ini memang udah tidak karuan banyaknya. Jangankan tau obatnya, seringnya tuh, tau namanya saja udah susah, apalagi jika mau tau gejala dan tanda-tandanya.

Eh, tapi nih Gals, yang namanya susah bukan berarti malah dijauhi ya. Sebaliknya, kalian kudu dan harus lebih giat belajar dan mencari tau tentang penyakit-penyakit tersebut sebagai salah satu upaya pengobatan paling mujarab, murah dan aman: pencegahan dini!. Nah, makanya sekarang simak beberapa hal tentang penyakit Hepatitis C seperti dilangsirkan dari laman medicinenet.com berikut ya.

Hepatitis termasuk salah satu dari sekian jenis penyakit yang menyerang hati (liver). Penyebabnya, seperti namanya, adalah hepatitis C virus atau yang sering disingkat dengan HCV. Salah satu bedanya dengan hepatitis B adalah hepatitis C jarang ditularkan secara seksual, alias jarang dianggap sebagai penyakit seksual.

Tapi Gals, hepatitis C justru sering ditularkan melalui keterpajanan (exposure) darah seperti pemakaian jarum suntik untuk narkoba, tato dan termasuk pemakaian pipa sedot kokain secara bersama-sama. Kadang kala juga ada kasus bayi lahir terinfeksi penyakit ini karena ibunya sudah mengidap hepatitis C terlebih dulu.

Wuih, bahaya banget kan, Girls! Udah deh, daripada menyia-nyiakan hidup dengan menambah tinggi resiko tertular penyakit hepatitis C (dan penyakit lainnya juga!), sebaiknya kalian menjadi cewek-cewek cerdas dan sehat yang berguna bagi bangsa dan negara dengan menjadi, apa ya, astronot, misalnya! See, keren kan Gals? Hebat, bisa terbang!.

Oleh: Phi Atlantis

(kpl/rth)



READ MORE