GIRLS LIFESTYLE

Andrea Hirata, Sukses Dengan Novelnya

Selasa, 2 September 2014 01:40

Andrea Hirata, Sukses Dengan Novelnya
Andrea Hirata © KapanLagi.com/Acat




Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi yang telah menembus penjualan yang cukup fenomenal di Indonesia. Yap, tak hanya novel laskar pelangi yang ia tulis namun beberapa novel menajubkan lain juga telah ditulisnya. Yuk kita simak lebih lengkap mengenai biografi dan pengalaman Andrea Hirata.

Andrea Hirata Seman Said Harun Ia dilahirkan di desa pelosok daerah Belitong pada 24 Oktober 1982 di pulau Belitung, Andrea Hirata adalah anak keempat. Pria yang memiliki nama asli Aqli Barraq Badruddin ini adalah anak yang lahir dari sebuah keluarga berstatus ekonomi lemah. Ia menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah, yang memiliki gedung seadanya.

Andrea tumbuh dengan segala keterbatasannya, Andrea tetap menjadi anak yang selalu dan tetap serius dalam menimba ilmu. Sosok Bu Muslimah,merupakan sosok yang sangat menginspirasi dirinya. Kegigihan Bu Muslimah yang hanya mengajar siswa yang jumlahnya 11 orang ternyata hal tersebut bermakna besar bagi Andrea, sebenarnya ada sekolah yang lebih layak di Belitong yaitu milik PN Timah, namun karena status ayahnya hanya sebagai pegawai rendahan Andrea tidak berhak untuk sekolah di tempat tersebut.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah, ia mendapat pekerjaan sebagai penyortir surat kantor pos Bogor. Atas usaha seriusnya ia berhasil melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Setelah menamatkan pendidikan Sarjana dan karena kecerdasannya ia memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 Economic Theory di University de Paris, Perancis dan Sheffield Hallan University , Inggris. Berkat kehebatan dan kecerdasannya ia mampu meraih gelar Master Uni Eropa. Setelah ia kembali ke tanah air, Andrea bekerja di PT Telkom.

Saat di Aceh, Andrea memiliki keinginan untuk menulis tentang pengalaman masa lalunya saat di SD Muhamadiyah dan sosok Bu Muslimah. Dengan naskah setebal 700 halaman, kemudian ia gandakan menjadi 11 buah beberapa dikirim ke temannya dan lainnya pada Bu Muslimah. Temannya membaca naskah Andrea secara tak sengaja, merasa menarik kemudian mengirimnya kepada penerbit.

Akhirnya penerbit tertarik untuk menerbitkan novel tersebut, tepatnya pada Desember 2005. Dalam waktu setahun noveL Laskar Pelangi mampu menembus novel best seller dan mamapu terjual lebih dari satu juta eksemplar. Puas dengan novelnya, ia kembali menulis judul novel yang lain yaitu Sang Pemimpi yang terbit pada Juli 2006 dan dilanjutkan dengan buku ketiga Edensor pada Agustus 2007.

Siapa yang tak kagum dengan kisah Andrea Hirata, begitu hebat dan menginspirasi. Nah mulai sekarang tentukan cita-citamu, jangan patah semangat dan teruslah meraih mimpimu. Semoga sukses.

Oleh    : arina (kpl/rth)



READ MORE