GIRLS LIFESTYLE

Tips Menjaga Suara Agar Selalu Prima

Sabtu, 30 Agustus 2014 20:34

Tips Menjaga Suara Agar Selalu Prima
Ilustrasi © Shutterstock




Kapanlagi.com - Buat yang punya hobi nyanyi atau punya kerja sambilan sebagai seorang penyanyi atau vokalis tentau saja stamina suara yang powerful menjadi hal yang sangat penting. Buat Kamu yang ingin sellau memiliki kualitas suara yang kuat berikut ini ada tips yang bisa Kamu ikuti Friends.

1. Lakukan pemanasan suara yang sederhana. Dianjurkan untuk melakukan pemanasan yang mudah, terutama untuk audisi dan pertunjukan. Lebih baik lagi, mengambil pendekatan musik klasik : melakukan pemanasan dengan tangga nada yang menurun atau meningkat, staccato serta mengkontrol intensitas volume suara

2. Minum sampai 8-10 gelas air putih setiap harinya (tidak termasuk minuman berkafein). Air mampu mengencerkan lendir dan melumasi pita suara seperti minyak melumasi mesin mobil. Lendir yang tebal dapat menyebabkan gesekan dan trauma pada pita suara. Lebih banyak air,lebih sedikit gesekan, trauma berkurang, maka suara menjadi lebih baik.

3. Kembangkan suara berbicara anda untuk mendukung suara menyanyi anda. Anda 99% berbicara dan 1 % menyanyi. Suara berbicara yang buruk seringkali menyebabkan ketegangan vokal yang mempengaruhi suara menyanyi anda. Hal ini harus seimbang agar tidak terjadi ketegangan vokal

4. Suara sama seperti fisik. Butuh istirahat. jangan terlalu memforsir suara. berikan waktu untuk beristirahat. Tidur yang cukup akan banyak membantu.

5.  Tidak perlu untuk menyanyi ke bagian belakang ruangan. Biarkan mikrofon mengeraskan volume suara.

6. Gunakan monitor untuk mengontrol suara Kamu. Ini untuk membuat Kamu kapan harus mengeluarkan suara keras atau tidak.

Selamat mencoba

Sumber: http://suryamuslim.blogspot.com/2010/09/tips-menjaga-vokal-suara.html
http://lichonkpage.wordpress.com/2012/09/11/10-tips-menjaga-suara-dlm-keadaan-prima-bagi-penyanyi/

Riyani I (kpl/rth)



READ MORE